Bulan terakhir Oktober 2014 Bulan berikutnya
S S R K J S M
week 40 1 2 3 4 5
week 41 6 7 8 9 10 11 12
week 42 13 14 15 16 17 18 19
week 43 20 21 22 23 24 25 26
week 44 27 28 29 30 31

Kerjasama Internasional Sektor Industri Otomotif

KERJASAMA INTERNASIONAL SEKTOR OTOMOTIF

 

1. APEC AUTOMOTIVE DIALOGUE (AAD)

 

APEC Automotive Dialogue (AD) merupakan  forum pemerintah dan swasta untuk meningkatkan integrasi dan pengembangan sektor otomotif di wilayah Asia Pasifik

Forum ini tidak mengikat (binding), artinya tidak ada keputusan yang bisa mengikat suatu negara untuk mengikuti kesepakatan tertentu, melainkan forum ini hanya sebatas dialog dan pertukaran informasi sesama anggota.

Forum ini juga membahas isu-isu yang berhubungan dengan trend, regulasi, dan lain-lain yang menyangkut suatu negara anggota maupun yang terjadi di kawasan Asia Pasific maupun dunia.

Indonesia berpartisipasi aktif dalam forum ini. Selain mengetahui perkembangan sektor otomoif dari negara anggota lainnya, forum ini juga dimanfaatkan untuk promosi Indonesia  terkait dengan industri otomotif

Pelaksanaan sidang AAD ini telah memasuki pertemuan ke 14 dan pertemuan ini dilaksanaan 2 kali dalam setahun.

 

2. MIDEC-IJEPA

 

Sebagai realisasi dari kemitraan ekonomi  antara Indonesia dan Jepang dalam kerangka Indonesian – Japan Economic Partnership Agreement (IJ-EPA) telah dibentuk suatu wadah yang disebut Manufacturing Industry Development Center (MIDEC) yang digagas oleh Indonesia sebagai kompensasi telah dibukanya akses pasar secara luas bagi produk-produk dari Jepang.

 

Tujuan pembentukan MIDEC adalah untuk meningkatkan daya saing industri melalui kegiatan pembangunan kapasitas (capacity building) untuk 13 (tiga belas) sektor yang telah disepakati dan salah satu diantaranya adalah sektor otomotif.

 

Dalam pelaksanaan MIDEC sektor otomotif dibagi dalam 3 (tiga) kegiatan yaitu

 

o Kegiatan di bidang pengembangan sumber daya manusia yang tujuannya untuk menciptakan tenaga kerja industri bidang otomotif yang terampil.

o Kegiatan internasionalisasi standard otomotif yang mengarah ke standar internasional UN-ECE

o Kegiatan dalam rangka untuk memperkuat penelitian dan pengembangan teknologi otomotif

 

 

3. ASEAN

ASEAN INTEGRATION

Membahas mengenai Sektor Automotive yang merupakan salah satu Sektor Prioritas menuju AEC (ASEAN Economic Community) 2015. Hasil pertemuan pada ASEAN Integration Sektor Otomotif akan dilaporkan ke SEOM (Senior Economic Official Meeting) dan dilanjutkan ke AEM  Meeting (ASEAN Economic Minister Meeting)

WGIC (Working Group on Industrial Cooperation)

Merupakan kelompok kerja di bawah SEOM yang membahas tentang kerjasama industri diantara negara di ASEAN seperti AICO (ASEAN Industrial Cooperation)

ACCSQ (ASEAN Consultative Committee on Standards and Quality)

Merupakan pertemuan di antara negara ASEAN yang membahas masalah standard an kualitas suatu produk termasuk otomotif

APWG (Automotive Product Working Group)

Pada pertemuan ini dibahas tentang harmonisasi standard dilingkungan ASEAN

 

4. AMEICC (AEM-METI Economic and Industrial Cooperation Committee (AMEICC)

Forum pertemuan antara ASEAN Economic Ministries dengan METI yang dalam hal ini dihadiri oleh pejabat yang bertanggungjawab terhadap perkembangan industri otomotif di antara kedua belah pihak. Dalam perkemuan ini biasanya dilakukan pertukaran informasi termasuk kebijakan dan perkembangan industri otomotif dan pelaksanaannya dibiayai oleh METI dan masing-masing negara anggota yang menjadi tempat pelaksanaan pertemuan tersebut.

 

5. Kerjasama bilateral ASEAN Dialogue Partner

Indonesia – Jepang

Indonesia – Korea

Indonesia – India

Indonesia – ANZ

Dalam forum pertemuan ini dibahas tentang perkembangan industri otomotif masing-masing negara dimana diharapkan terjadi pertukaran konsesi tarif bea masuk produk otomotif, kerjasama teknologi, kerjasama promosi dan investasi.

=====

 

Komentar (0)
Hanya anggota yang dapat menulis pesan!
 
Pengumuman

Bagi perusahaan yang profilnya ingin di tampilkan dalam website IUBTT, silahkan mengirimkan profilenya melalui info-iubtt@kemenperin.go.id